Perangkat Pembelajaran IPA
1. Program Semester
2. Program Tahunan
3. Rencana Pembelajaran
*** Metode Ilmiah
*** Rotasi Bumi Dan Akibatnya
*** Revolusi Bumi Dan Akibatnya
*** Gempa Bumi
*** Tsunami

Senin, 29 Agustus 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

NAMA SEKOLAH      : SMK NEGERI 1 TEGAL
MATA PELAJARAN   :  ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
KELAS/SEMESTER    :  X / 2
ALOKASI WAKTU   :  6  Jam  @ 45 Menit

A.       Standar Kompetensi        : Memahami gejala – gejala alam melalui pengamatan.
B.       Kompetensi Dasar           :          Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik.
C.       Indikator                          :          Faktor – faktor terjadinya gempa diidentifikasi berdasarkan gejala-gejala yang terjadi sebelum gempa
D.       Tujuan Pembelajaran      :         
·           Peserta didik dapat memahami gejala alam gempa bumi.
·           Peserta didik dapat memahami macam – macam gempa bumi.
·           Peserta didik dapat memahami faktor – faktor penyebab gempa bumi.
·           Peserta didik dapat memahami langkah antisipasi gejala alam gempa bumi.

E.       Materi Pembelajaran      
·           Gempa Bumi sebagai bentuk bencana alam.

F.        Media Pembelajaran
·           Buku
·           Whiteboard
·           LCD Proyektor
·           Internet
·           Gambar
·           Siswa
G.      Metode / Model Pembelajaran   : Diskusi Kelompok, Informasi, Eksperimen dan Observasi.
                                                          Kooperatif Learning, Direct Instruction.
H.      Langkah – langkah /  Skenario Pembelajaran
1.  Kegiatan awal
Apersepsi dan Motivasi : Bagaimana gempa bumi dapat terjadi? Bagaimana dampak pada kehidupan?.
2.  Kegiatan Inti
a. Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan tentang peristiwa gempa bumi baik dari media informasi, buku, literatur dll.
b. Peserta didik mendata dan merangkum hasil diskusi mengenai hal macam – macam gempa bumi dan faktor penyebab terjadinya gempa bumi.
c. Peserta didik menganalisis dan menyusun rencana kegiatan sebagai langkah antisipasi jika gempa bumi menimpa tempat tinggal mereka.
d. Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan dari hasil diskusi/presentasi kelompok.
3.    Penutup
a. Guru memberikan tugas mandiri pada peserta didik untuk mengumpulkan data yang berhubungan dengan gejala alam gempa bumi yang terjadi di Indonesia saat ini.
b. Guru menutup pembelajaran dengan memberitahukan kegiatan berikutnya beserta materi yang harus dipelajari.
I.         Sumber Belajar                : Modul IPA, IPA BSE, kliping, literatur dll.
J.        Penilaian                          
 NO.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen

1.






Faktor – faktor terjadinya gempa diidentifikasi berdasarkan gejala-gejala yang terjadi sebelum gempa

Tes Tertulis 




 Obyektif  Tes




Terlampir




Rumus Penilaian

Nilai Akhir =   60 %  TF  (Tes Kognitif)   +   20  %  Diskusi (Tes Psikomotorik)   +  20  % Sosial  (Tes Afektif)


1.  Penilaian Unjuk Kerja
No
Aspek yang dinilai
Skor
0
1
2
3
4
5
1
2
3
Kerjasama dalam kelompok
Aktifitas siswa
Ketepatan waktu menyelesaikan kegiatan







Jumlah Skor







Keterangan      0 : Tidak sama sekali
                        1 : Sangat kurang
                        2 : Kurang
                        3 : Cukup
                        4 : Bagus / Lemgkap
                        5 : Sangat bagus / Lengkap

Nilai aspek Psikomotorik  =   Total skor      x  100 %
                                                              15
2.  Penilaian Aspek Pengetahuan
Å         Pemahaman penelitian deskripsi dan eksperimen                    (10)
Å         Pemahaman rancangan penelitian                                            (10)
Å         Pemahaman Pengumpulan dan pengolahan data                                  (10)
Å         Hasil pengumpulan dan pengolahan data                                 (30)
Å         Hasil rancangan penelitian                                                       (40)

3.    Penilaian Aspek Sikap
No
Aspek yang dinilai
Skor
0
1
2
3
4
5
1
2
3
4
Minat peserta didik dalam pembelajaran
Kreatifitas peserta didik
Ketelitian peserta didik dalam bekerja
Penghargaan terhadap orang lain







Jumlah Skor







Keterangan      0 : Tidak sama sekali
                        1 : Sangat kurang
                        2 : Kurang
                        3 : Cukup
                        4 : Bagus / Lemgkap
                        5 : Sangat bagus / Lengkap

Nilai aspek afektif = Total skor   x 100 %
                                                   20

K.      Instrumen Penilaian
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !
1.      Apa yang dimaksud dengan gempa bumi ?
2.      Mengapa terjadi gempa bumi ?
3.      Apa bedanya fokus dengan episentrum ?
4.      Sebutkan faktor-faktor penyebab gempa bumi !
5.      Sebutkan macam-macam gempa !
6.      Sebutkan macam-macam gelombang gempa !
7.      Apa bedanya gelombang primer dengan gelombang sekunder ?
8.      Sebutkan jenis-jenis skala yang dgunakan untuk mengukur kekuatan gempa !
9.      Sebutkan akibat-akibat gempa bumi !
10.  Apa yang dimaksud dengan gempa runtuhan ?

       Kunci Jawaban
1.      Gempa bumi  adalah getaran (goncangan) yang terjadi karena pergerakan (bergesernya) lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi dan juga bisa dikarenakan adanya letusan gunung berapi.
2.      Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Gempa bumi sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di daerah yang dikelilingi lautan luas.
3.      Fokus  adalah titik dimana terjadi gempa sedangkan episentrum  permukaan bumi yang berada di atas fokus.
4.      Faktor penyebab gempa yaitu tektonisme, vulkanisme, runtuhan dan aktifitas manusia.
5.      Macam-macam gemapa : gempa tektonik, gempa vulkanik dan gempa runtuhan.
6.      Gelombang primer, gelombang sekunder , dan gelombang permukaan.
7.      Gelombang primer yaitu gelombang gempa yang merambat dari sumber gempa ke segala arah dengan kecepatan 7 – 14 Km per detik.
Gelombang sekunder  yaitu gelombang yang sejalan dengan  gelombang primer denga kecepatan 4 – 7 Km per detik.
8.      Skala Richter, skala Mercalli,  dan skala Omori.
9.      Akibat gempa
-          Kerusakan bangunan, jalan , jembatan dll.
-          Kerusakan lingkungan
-          Munculnya berbagaimacam penyakit.
-          Muncul Trauma akibat gempa
10.  Gempa runtuhan, yaitu gempa yang ditimbulkan karena runtuhnya gua-gua dalam tanah.



                                                                        Tegal,           Juli   2011
                                                                            Guru Mata Pelajaran

                                                                                 Wachrodin,  S.Pd                       
                                                                                                         NIP.    19710320 200604 1 013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar